4 Tips Memilih Mainan yang Bermanfaat untuk Anak
Parenting

4 Tips Memilih Mainan yang Bermanfaat untuk Anak

Stereotip yang melekat pada diri anak-anak adalah mainan. Hal ini sudah sangat wajar mengingat masa anak-anak adalah masa penuh dengan dunia permainan. Namun, masa ini juga bisa merupakan masa emas anak untuk belajar. Oleh karena itu, sebagai orangtua ada baiknya Anda memilihkan mainan yang bermanfaat. Terutama mencari pedagang yang jual mainan anak perempuan. Simak informasi berikut ini.

1. Mainan Mengasah Kreativitas

Sekalipun Anda memberikan mainan yang begitu sederhana, bila mainan itu mengasah kreatifitas, bisa Anda pilih. Pasalnya, mainan yang hanya sekadar memberikan hiburan semata, tidak terlalu memberikan manfaat untuk masa perkembangan anak. Apalagi untuk mengisi masa emas anak yang sayang jika terlewatkan begitu saja. Ada banyak jenis dari mainan yang bisa mengasah daya kreativitas anak.

Misalnya saja masak-masakan. Anda bisa memilihkan peralatan masak-masakan tentu dengan memperhatikan bahan yang dipakainya. Apakah bahan mainan tersebut aman untuk digunakan anak usia tertentu atau tidak. Selain itu bisa juga Anda pilihkan krayon untuk menggambar atau lainnya.

2. Mainan Mengasah Imajinasi

Selain memilihkan mainan anak yang bisa mengembangkan daya kreatifitas, Anda juga bisa memilihkan anak mainan yang mengasah imajinasi. Misalnya saja mainan boneka. Baik itu berupa boneka plastik maupun boneka kain yang berisi dakron. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kesukaan anak. Dengan begitu anak biasanya akan membuat skenario sendiri mengenai jalan cerita yang akan diperankan oleh boneka-boneka yang didapatkannya dari Anda.

3. Mainan dengan Lingkungan Sekitar

Mainan anak tidak harus berupa mainan yang bisa dipegang dan dimainkan di rumah saja. Anak juga bisa memainkan mainan di luar rumah, di lingkungan sekitar. Misalnya saja mainan petak umpet, lompat tali, engkel dan lain sebagainya. Mainan ini bisa memberikan manfaat kepada anak berupa meningkatkan daya sosialnya dan juga meningkatkan kemampuan komunikasinya.

Saat anak mainan di luar rumah, ada baiknya Anda memperhatikan anak bermain dengan siapa saja. Perhatikan juga tempat, jenis permainannya dan juga perlengkapannya apa saja. Jangan pernah meninggalkan maupun membiarkan begitu saja saat anak main di luar rumah. Pasalnya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

4. Mainan dengan Orangtua

Jenis mainan terbaik yang bisa anak lakukan adalah mainan dengan Anda sebagai orangtua. Hal ini dikarenakan tempat terbaik dari semua mainan adalah orangtua. Manfaatnya pun begitu banyak. Terutama untuk menciptakan bonding antara orangtua dengan anak. Adapun aktivitas bermain yang bisa dilakukan dalam hal ini banyak. Sekalipun hanya membaca buku bersama, rasa kebersamaan bisa merekatkan antara orangtua dan anak.

Anda juga bisa saling berbagi cerita terutama kegiatan sehari-hari anak ketika orangtua sedang bekerja misalnya. Dengan begitu, komunikasi antara anak dan orangtua saling terbuka. Bisa juga Anda saling bercanda dengan tebakan-tebakan bayangan tangan. Bisa juga melakukan aktivitas dongeng, maupun lainnya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai memilih mainan yang bermanfaat untuk anak. Apabila Anda ingin memberikan mainan dalam bentuk barang yang berkualitas, cobalah datang ke toko perlengkapan bayi. Bisa juga Anda pilihkan mainan di toko mainan. Tapi jangan lupa perhatikan keamanannya.