Pengertian Industri Kreatif Indonesia dan Perkembangannya
Others

Pengertian Industri Kreatif Indonesia dan Perkembangannya

Menurut para pakar dan para ahli pun pendapatan negara kita, sebagian besar disumbang sama industri kreatif Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan.

Peran dari ekonomi kreatif ini juga bisa membuat perekonomian secara global menjadi terus meningkat. Gak heran kalau industri ekonomi yang satu ini terus mengalami peningkatan. Ditambah dengan semakin bergantungnya masyarakat global pada teknologi informasi, terutama dalam bidang internet.

Pengertian Industri Ekonomi Kreatif Secara Umum

Sebelum kita bahas lebih lengkap soal perkembangan dan pertumbuhan industri kreatif Indonesia, ada baiknya Kamu pahami dulu pengertian dari industri ekonomi kreatif itu sendiri.

Jadi, industri ekonomi kreatif yang ada di Indonesia ini adalah industri kreatif yang berkaitan dengan beragam bidang industri seperti misalnya film, fashion, musik, hiburan dan masih banyak lagi. Dalam tiga tahun terakhir ini industri kreatif di Indonesia sudah mengalami pertumbuhan yang sifatnya eksponensial.

Nilai di dalam industri kreatif ini ternyata mampu melebihi nilai yang ada di industri perminyakan. Ternyata seluas itu ya nilai industri kreatif di negara kita.

Mengapa industri ini mengalami perkembangan yang lebih pesat dibanding industri lainnya? Karena industri kreatif dan budaya ini menjadi sektor di bidang ekonomi yang paling inovatif. Jadi, masyarakat Indonesia cenderung lebih suka karena isinya gak ngebosenin.

Ada banyak contoh industri kreatif di Indonesia yang jumlah peminatnya juga banyak banget. Bisa dilihat dari semakin banyaknya orang yang suka dengan film, musik atau aneka jenis hiburan yang ada di Indonesia.

Sama halnya dengan manfaat industri kreatif itu sendiri, yang menambah jumlah pendapatan negara atau ngebantu banget perekonomian di negara kita ini. Jadinya kan menguntungkan banget buat Indonesia.

Ciri-ciri Industri Kreatif Indonesia

Lalu, apa aja sih ciri dan karakteristik dari industri kreatif yang ada di Indonesia ini? Simak penjelasan lengkapnya soal ciri industri kreatif yang ada di Indonesia berikut ini:

  • Kreasi Secara Intelektual

Ada beberapa unsur utama yang terdapat di dalam seni kreativitas, talenta dan juga keahlian yang di dalamnya terdapat nilai jual dengan melalui penawaran pada kreasi secara intelektual tersebut.

  • Mudah Tergantikan

Ciri berikutnya dari industri ini yaitu mudah sekali tergantikan. Seperti pada suatu produk yang dihasilkan dari barang/jasa dengan siklus hidup yang kebilang singkat.

Selain itu industri ini juga punya jumlah margin yang tinggi, mudah ditiru, bervariasi, dan persaingannya tinggi sehingga gampang banget diganti dengan yang lebih baru.

  • Persediaan Produk Baik Secara Langsung Maupun Tak Langsung

Penyediaan produk secara kreatif ini langsung pada pelanggan dan juga jadi pendukung penciptaan nilai kreatif yang ada di sektor lainnya. Secara tak langsung, hal itu berkaitan juga dengan para pelanggannya.

  • Perlu Kerjasama yang Lebih Baik

Tentu akan diperlukan kerjasama yang baik antara pihak-pihak yang punya peran dalam industri kreatif ini, yang meliputi pemerintah, kaum intelektual, sampe dunia usaha/bisnis.

  • Memiliki Dasar Sebuah Ide

Industri kreatif yang ada di Indonesia ini basicnya adalah ide/gagasan yang sumbernya adalah para pelaku industri, dengan konsep industri kreatif yang sifatnya cukup relatif.

  • Terbuka dan Tak Terbatas

Perkembangan dari industri kreatif yang ada di Indonesia ini tak punya batasan, dan bisa diterapkan di segala bidang usaha yang ada saat ini.

Contoh Industri Kreatif yang Terus Mengalami Perkembangan

Ada banyak banget karya yang dihasilkan oleh industri kreatif dari berbagai jenis bidang yang ada di dalamnya. Nah, kreativitas yang sumbernya dari para pelaku industri ini akan ditentukan oleh karya yang mereka hasilnya di dalam suatu bidang industri kreatif.

Jadi, apa aja contoh dari industri kreatif yang ada di Indonesia tersebut? Berikut penuturan contohnya yang lebih lengkap dan bisa Kamu simak:

  • Advertising

Bidang advertising/periklanan ini meliputi banyak hal misalnya tampilan ikan yang ada di media cetak, elektronik, pemasangan gambar/poster, pamflet, brosur, reklame dan masih banyak lagi.

Kegiatan yang masih berhubungan dengan advertising ini yaitu perencanaan dalam komunikasi periklanan, promosi dan kampanye publik, riset pasar, produksi untuk materi iklan itu sendiri dan masih banyak lagi.

  • Riset dan Pengembangan

Kegiatan yang ada di industri kreatif ini juga menawarkan penemuan yang ada di dalam bidang teknologi dan ilmu loh. Jadi, industri ini gak terbatas di bidang hiburan aja.

Misalnya berhubungan dengan teknologi dan penerapan di bidang ilmu pengetahuan yang bisa memperbaiki produk dan juga kreasi dalam produk yang baru, alat, material, proses, dan teknologi yang juga baru.

Masih banyak lagi contoh dari industri kreatif Indonesia ini, yang juga berhubungan dengan kegiatan dan aktivitas Kamu setiap harinya. Fashion, seni, permainan interaktif, film, video dan fotografi, dan juga kuliner jadi bagian dari industri kreatif tersebut.

Sumber refrensi : https://www.kemenparekraf.go.id/