Beragam Cara Melatih Bayi Tengkurap Secara Cepat
Others

Beragam Cara Melatih Bayi Tengkurap Secara Cepat

Setiap perkembangan atau suatu perubahan kemampuan dari bayi merupakan hal yang harus terus diperhatikan. Titik terbaik dalam perkembangan awal adalah kemampuan pada bayi agar dapat melakukan proses tengkurap secara benar. Karena itu, saat bayi pada fase tersebut akan perlu dampingan serta cara melatih bayi tengkurap dengan tepat agar tidak membuat kesalahan pada saat menemani tersebut.

Manfaat yang terlihat jelas untuk bayi adalah membuat bagian dari otot di leher dan kepala menjadi lebih kuat dan terlatih. Ini juga membantu agar proses saat menggeleng kepala atau pergerakan leher akan semakin mudah dan mendukung bayi untuk bisa tengkurap. Selain itu, jika lebih dalam pada proses tengkurap akan menguatkan juga bagian pada punggung, bahu, kaki, dan tangan kecil bayi sendiri.

Melatih Kemampuan Tengkurap Bayi

Proses dalam masa ini penting, maka akan membuat khawatir jika proses tengkurap ini sampai terlambat dilakukan oleh bayi anda. Apalagi, pada saat melakukan gerakan untuk tengkurap harus memperhatikan setiap posisi yang ada agar tetap menjaga kondisi seluruh tubuh dari cedera. Karena jika sampai cedera, maka akan sangat membahayakan terutama memang kondisi tulang dan otot bayi belum sekuat orang dewasa.

Berikut cara terbaik untuk melatih kemampuan tengkurap pada bayi jika terlambat:

  1. Lakukan cara menarik perhatian

Agar membuat bayi memiliki keinginan besar untuk melakukan pelatihan dalam menjalankan proses tengkurap, maka berikan pancingan ringan. Sebenarnya ini juga menjadi bukti memberikan perhatian lebih pada bayi dan umumnya untuk tengkurap pada usia sekitar 3 atau 4 bulan. Cara tersebut juga membantu agar setiap ruang gerak bayi bisa tetap leluasa pada saat melakukan setiap tanda gerakan untuk tengkurap.

  1. Dorong agar mengangkat kepala

Perlu anda ketahui, tanda bahwa seorang bayi sudah layak pada umurnya untuk tengkurap adalah mampu menggerakan dan mengangkat bagian kepala. Proses ini juga merupakan suatu tanda, bahwa bayi mulai terdorong dalam melakukan beragam gerakan miring saat akan tengkurap. Selain itu, ketika mengangkat kepala, maka bagian otot leher atau kepala juga sudah lebih siap pada saat akan mulai proses tengkurap.

  1. Sering kenalkan posisi tengkurap

Sadar atau tidak, jika membantu membiasakan bayi dalam kondisi tengkurap akan memberikan kemudahan dalam bayi menyesuaikan posisi. Orang tua juga bisa mendorong melalui tambahan dengan menaruh bayi atas dada atau perut supaya membantu bayi bisa lebih belajar. Faktor keseimbangan serta kenyamanan yang didapatkan oleh bayi sangat penting agar terus bisa mencoba gerakan tersebut.

Sebenarnya, dalam melatih proses untuk menguatkan bayi sendiri bisa dengan beragam cara seperti di atas yang sangat sederhana. Apalagi, dalam setiap perkembangan dari bayi tidak akan bisa terjadi Kembali dan menjadi umur keemasan pada setiap kegiatan dan proses. Oleh karena itu, maka dukung selalu gerakan pada anak terutama saat akan melakukan tengkurap dengan mudah.